Beranda > Artikel, motivasi > Span Of Attention

Span Of Attention

Pimagesrofesi sebagai seorang pengajar untuk mata kuliah yang bersifat praktikum serta development dan maintenance di bagian Elearning yang harus melakukan pelaporan evaluasi baik dalam bentuk paper maupun presentasi serta meeting dengan direktur dan Pudir .Menuntut seseorang untuk tidak hanya mempunyai penguasaan materi yang lebih melainkan juga harus mempunyai kemampuan komunikasi, merangkai kata untuk mendelegasikan dan mengkapsulasi materi agar mudah di mengerti oleh mahasiswa-mahasiswa.

Saya teringat saat pertama kali menjadi asisten lab. Komputer di Kampus Swasta di Margonda. Saya yang mempunyai background akuntansi ternyata bukan hanya mendapat tugas mengajar Paket Program Akuntansi melainkan harus mengajar Borland C++. Banyaknya senior dan dosen yang memberikan pencerahan membuat saya mudah untuk memahami mata kuliah tersebut. Namun muncul masalah tentang bagaimana menyampaikan kepada mahasiswa.

Saya pernah membaca bahwa Einstein pernah berkata “ jika anda tidak mampu menjelaskanya secara sederhana maka anda belum benar-benar memahaminya”.

Berbagai artikel dan event2 dalam bidang public speaking selalu mendapat perhatian khusus dari saya. TED menjadi salah satu organisasi yang menjadi contoh dan media belajar untuk menjadi referensi dalam mengracik sebuah presentasi secara professional. TED merupakan singkatan dari Technology, Entertainment, Design. Sebuah organisasi non profit yang mempunyai aturan sangat unik. Organisasi ini mengumpulkan para ahli dan tokoh dunia untuk berpresentasi dalam waktu 20 menit. Kita dapat menyaksikan seorang Bill Gates yang membahas hubungan antara nyamuk,  malaria dan pendidikan, Sebastian Seung sang pakar neuroscience menjelaskan  hubungan antara sel syaraf . Semua itu mereka kemas dengan sangat WOW BANGET.

Penasaran dengan aturan hanya 20 menit batas waktu yang di berikan oleh organisasi untuk berpresentasi. Saya mulai searching kesana-kesini. Ternyata ada sebuah penelitian yang dilakukan di University of Tennessee mengungkap bahwa jangkauan perhatian (Span of Attention) orang dewasa dalam menyimak sesuatu tidak lebih dari 20 menit. Dapat kita simpulkan bahwa 20 menit adalah waktu yang efektif untuk menyampaikan pesan. Dari hal ini lah setiap hal terpenting  dalam materi dan presentasi saya berusaha rangkum, meraciknya dan berusaha menyampaikan semaksimal mungkin dalam durasi 20 menit. Selebihnya akan saya gunakan untuk mengulang atau menambah hal-hal yang kurang jelas, membuka tanya jawab dan diskusi serta melengkapi yang terlewati. Ayooo para pendidik dan semua para gerilyawan negeri ini. Kita berbagi ilmu dan menyampaikan ilmu lebih baik lagi dengan bahasa yang mudah di pahami dan sederhana.

Rizqi Agung Permana

Untuk Indonesia Yang lebih baik

Kategori:Artikel, motivasi
  1. anwar
    01/02/2013 pukul 8:46 am

    klo gini malah pgn jg ngrasain jd asisten dosen… tp ilmu masih minim!!

  2. rizqipermana
    06/02/2013 pukul 2:30 am

    Buruan kirim lamaran ke adm lah mas.byk lowongan..kita gak akan tau hasilnya klo blum d coba ..Semangat..belajar terusssssssssssssss

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: