Beranda > Artikel, Software Development > Catatan Singkat UML( Konsen Squence Diagram )

Catatan Singkat UML( Konsen Squence Diagram )

Squence UML ( Unified Modeling Language ) telah manjadi sebuah kebutuhan dalam pembuatan atau pemodelan sebuah software. Saya sendiri pertama mengenal UML saat menempuh jenjang pendidikan Strata 1. Dulu sempat bingung apa fungsi UML??Kenapa harus di bikin??Ada Nilai jualnya gak sich kalo bisa UML??. Seiring berjalan waktu saya kembali menemui mata kuliah di Pasca Sarjana yang membahas tentang UML.😀 hmmmm….LUAR BIASA!!! ternyata  UML sangat berguna untuk perancangn, strategi, dan sekaligus dokumentasi dalam membangun sebuah sistem, intensifnya pun  untuk pembuatan UML yang mencakup sebuah desaign Sistem dan Software mencapai ratusan juta. Salah satu sahabat saya yang bekerja di salah satu perusahaan kendaraan bermotor terkemu di Indonesia pun dalam pembaharuan sistem sering berkecimpung dengan UML.

Di Kesempatan kali ini saya membuat catatkan singkat tentang Squence Diagram yang saya peroleh dari Mata Kuliah Bpak Romi di Pasca Sarjana STMIK Nusa Mandiri. Squence Diagram merupakan bagian dari UML. Setelah pembuatan Use Case Diagram dan aktifity barulah squence diagram di buat.  Squence diagram dibuat berdasarkan Use case diagram. Berikut jenis Class yang di gunakan dalam pembuatan squence Diagram.

A. Boundary Class:

interface1. Class yang berinteraksi dengan aktor langsung (user interface)

B. Control Class:

control1.Class yang berhubungan dengan pemrosesan, penghitungan, kalkulasi, komputasi, query, dst

C. Entity Class:

entity1.Class yang berhubungan dengan data, penyimpanan data/file

.

Class-class tersebut telah memegang peranan penting dalam pemodelan sebuah sistem. Class tersebut di gunakan dalam menggambarkan sistem bagaimana sebuah sistem berinteraksi dengan aktor( manusia) dengan sistem. Terdapat Boundary yang berperan menjadi interface, ada control yang mengolah data dan menjalankan perintah serta entity sebagai gambaran sebuah database..

Rizqi Agung Permana

Untuk Indonesia yang lebih Baik

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: